Rem ( brake dalam bahasa inggris ) adalah alat yg digunakan untuk memperlambat dan ato menghentikan laju kendaraan .Adanya rem pada kendaraan sangat penting untuk keselamatan pengendara ,jika tidak ada rem maka pengendara bisa mengalami kecelakaan yg bisa menyebabkan kematian .Rem hanya salah satu bagian kendaraan yg penting ,masih ada bagian penting lainnya ,berikut bagian/komponen utama kendaraan
System rem yg digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan sebagai berikut :
Menurut konstruksinya :
- Rem tromol
- Rem piriringan/cakram
Menurut tempatnya ada 2 :
- Rem roda = rem yg ditempatkan pada roda depan atopun belakang
- Rem propeller = rem yg ditempatkan didepan poros propeller
Menurut layanannya :
- Rem kaki ,dg cara di injak
- Rem tangan ato rem parkir
Menurut mekanisme penggeraknya :
- Rem mekanis = rem yg menggunakan tuas ato kawat pada system rem ,kekuatan pengereman tergantung pada kekuatan tarikan/kawat
- Rem hidraulik = rem yg menggunakan fluida dalam pengereman
- Rem boster = suatu alat tambahan yg digunakan untuk meringankan tenaga pengereman dg memenfaatkan kevakuman
- Rem angin = rem yg bekerja berdasarkan tekanan udara yg tersedia untuk membantu mengerakan sepatu / kampas rem dalam menekan tromol
***
Rem Cakram
Rem cakram ato Disc Brake banyak dipakai dikendaraan bermotor berkecepatan tinggi .Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yg dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dg cara menjepit .
Rem cakram ato Disc Brake banyak dipakai dikendaraan bermotor berkecepatan tinggi .Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yg dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dg cara menjepit .
- Pengereman tetap stabil walaupun dilakukan berkali2 pada kecepatan tinggi
- Piringan dapat meradiasi panas dg baik
- Ekspansi paanas dan pemuaian panas yg terjadi karena gesekan tidak menyebabkan perubahan renggang antara cakram dan pad
- Konstruksi sederhana
- Jika piringan terkena air maka efek pengereman tetap konstan ,hal ini disebabkan air yg menempel pada piringan akan terlempar keluar karena gaya sentrifugal
Kerugian:
- Diperlukan tenaga pengereman yg lebih besar
- Debu dan kotoran akan lebih mudah masuk karena system remnya terbuka
Jenis2 Rem Cakram :
- Tipe satu piston/floating caliper
- Tipe dua piston/fixed caliper
- Pada tipe satu piston / floating caliper, tekanan hidrolik master silinder akan mendorong kea rah kiri .Cakram bergerak berlawanan arah dg gerak piston sehingga piringan akan terjepit
- Pada tipe dua piston ,tenaga pengereman yg terjadi adalah saat tekanan hidraulik mendorong kedua piston sehingga piston mendorong pad untuk menjepit piringan/cakram .Kerja dari tipe ini lebih akurat namun radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada diantara cakram dg velg sehingga dulit tercapainya pendinginan oleh karena itu dibutuhkan komponen yg lebih banyak
Jadi ,secara garis besar komponen2 rem cakram itu ada 3 macamnya yaitu : piringan/cakram ,pad dan caliper .
1. Cakram/ piringan
Terbuat dari besi tuang kelabu berbentuk lingkaran yg dipasang ato disatukan dg roda sehimgga apabila roda berputar maka cakram juga ikut berputar .
Terbuat dari besi tuang kelabu berbentuk lingkaran yg dipasang ato disatukan dg roda sehimgga apabila roda berputar maka cakram juga ikut berputar .
2. Pad / bantalan rem/ diskbrake
Terbuat dari metalik fiber dicampur dg sedikit serbuk besi ,fungsinya adalah untuk memberikan gesekan pada piringan saat mendapatkan tekanan hidraulik dari master silinder .
Terbuat dari metalik fiber dicampur dg sedikit serbuk besi ,fungsinya adalah untuk memberikan gesekan pada piringan saat mendapatkan tekanan hidraulik dari master silinder .
3. Caliper
Adalah rumah piston .Caliper dibedakan menjadi 2 macam menurut konstruksinya yaitu floating caliper dan fixed caliper .
Adalah rumah piston .Caliper dibedakan menjadi 2 macam menurut konstruksinya yaitu floating caliper dan fixed caliper .
Syarat2 Rem:
- Dapat bekerja cepat dan tepat
- Kemampuan pengereman dapat dipercaya
- Gaya pengereman tiap roda harus sama
- Konstruksi sederhana pemeliharaan mudah
***
Rem TromolRem terdiri dari beberapa jenis ,diantaranya berdasarkan konstruksinya yg terdiri dari rem cakram dan rem tromol .Untuk saat ini saya membahas tentang Rem Tromol
Komponen :
- Tromol
- Silinder Roda
- Sepatu Rem
- Sudut Rem
- Pegas Pengembali
Rem Tromol pada kendaraan mobil biasanya dipakai pada roda belakang .
Cara Kerja :
Saat pengemudi menginjak pedal rem ,master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda ,silinder roda kemudian menekan sepatu rem yg akhirnya sepatu rem yg membawa kampas rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yg menyebabkan kendaraan melambat ato berhenti .
Saat pengemudi menginjak pedal rem ,master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan tekanan ke silinder roda ,silinder roda kemudian menekan sepatu rem yg akhirnya sepatu rem yg membawa kampas rem menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kampas rem dan tromol, gesekan inilah yg menyebabkan kendaraan melambat ato berhenti .
Macam2 Rem Tromol :
- Tipe terkemuka dan trailing
- Tipe uniservo
- Tipe duoservo
- Tipe dua terkemuka tindakan tunggal
- Tipe dua terkemuka double action
A. Tipe leading and trailing
Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dg dua piston di dalamnya .Sepatu roda yg tidak berhubungan dg silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak .Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju ato mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang .
Jenis ini hanya menggunakan sebuah satu silinder roda dg dua piston di dalamnya .Sepatu roda yg tidak berhubungan dg silinder roda ditumpu oleh anchor pin sehingga tidak dapat bergerak .Gaya pengereman tipe ini sama kekuatannya pada saat maju ato mundur sehingga lebih cocok untuk rem roda belakang .
B. Tipe uniservo
Tipe ini hanya memiliki satu silinder roda dan satu piston didalamnya ,sepatu rem yg tidak berhubungan dg sepatu rem masih dapat bergerak .Kekuatan pengereman jenis ini lebih kuat pada saat maju dibanding mundur ,sehingga lebi cocok untuk rem depan .
C. Tipe duoservo
Tipe ini hampir sama dg tipe leading and trailing ,perbedaannya pada sepatu rem yg tidak berhubungan dg silinder roda tidak diikat mati ,ato diikat mengambang sehingga dapat bergerak .Seperti pada tipe uniservo ,tekanan hidraulis yg diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yg lain .Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur ,sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing .
Tipe ini hampir sama dg tipe leading and trailing ,perbedaannya pada sepatu rem yg tidak berhubungan dg silinder roda tidak diikat mati ,ato diikat mengambang sehingga dapat bergerak .Seperti pada tipe uniservo ,tekanan hidraulis yg diterima sepatu rem diteruskan ke sepatu rem yg lain .Kekuatan pengereman tipe ini sama kuatnya antara maju dan mundur ,sehingga lebih cocok untuk rem belakang tetapi kekuatan pengeremannya lebih kuat dinanding tipe leading and trailing .
Macam-Macam, Fungsi & Sistem Rem Pada Kendaraan
Reviewed by a
on
17:51
Rating:
No comments: